Surat Nasihat Jerman Untuk Hutang Yunani


Perdana Menteri Yunani, George Papandreou, sibuk mengunjungi berbagai negara Eropa, termasuk menemui Kanselir Jerman, Angela Merkel, untuk meminta bantuan demi melunasi utang Yunani yang menggunung. Kamis lalu, dua politisi Jerman memberi saran pada negara mitranya itu untuk menjual aset-aset berharga seperti seni, bangunan bersejarah, dan kepulauan mereka, sebelum menerima bantuan internasional.

Namun, sebuah tabloid Jerman, Tabloid Bild, terang-terangan memberi nasihat agar Yunani mengadopsi etika kerja orang Jerman untuk mengatasi krisis finansial Yunani. Saran-saran tersebut diungkapkan dalam sebuah surat terbuka dan ditujukan pada Perdana Menteri Yunani, George Papandreou. Berikut bunyi surat terbuka seperti yang diberitakan surat kabar The Telegraph, Jumat 5 Maret 2010:


Yang Terhormat Bapak Perdana Menteri,

Bila Anda membaca tulisan ini, Anda telah memasuki sebuah negara yang sangat berbeda dengan negara Anda. Anda berada di Jerman.
* Di negara ini, orang bekerja hingga berumur 67 tahun. Tidak ada lagi 14 kali gaji dalam setahun bagi pegawai negeri sipil.
* Di negara ini, orang tidak perlu membayar seribu euro uang sogokan demi mendapatkan tempat rawat inap di rumah sakit tepat waktu.
* Kami tidak membayarkan uang pensiun untuk putri-putri Jenderal yang dengan menyedihkan tidak menemukan suami.
* Di negara ini, pom bensin punya mesin penghitung, pengemudi taksi memberikan nota pembayaran, dan petani tidak menyalahgunakan subsidi Uni Eropa dengan jutaan pohon zaitun yang sebenarnya tidak ada.
* Jerman juga punya utang banyak, tapi bisa kami atasi. Itu karena kami bangun lebih awal dan bekerja sepanjang waktu. Karena ketika berada dalam kondisi menyenangkan kami meluangkan waktu untuk memikirkan saat-saat menyedihkan. Karena kami memiliki perusahaan-perusahaan bagus yang produknya memang dibutuhkan di seluruh negara.

Yang Terhormat Bapak Perdana Menteri, hari ini Anda berada di negara yang mengirimlan puluhan ribu turis dan uang ke Yunani. Kami ingin berteman dengan penduduk Yunani. Itulah mengapa sejak Yunani menggunakan mata uang euro, Jerman memberikan 50 miliar euro untuk Yunani. Untuk alasan inilah, kami menulis surat pada Anda.

Salam,

Editorial Bild

NB. Kalau-kalau Anda ingin membalas surat ini, kami sisipkan amplop dengan alamat dan perangko. Tentu saja, kami ingin membantu Anda untuk berhemat...

Sumber : Vivanews


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar