Jerman Libas Inggris 4 -1


Di babak delapan besar, Jerman kembali harus siap-siap menghadapi lawan berat karena akan melawan pemenang duel antara Argentina vs Meksiko, yang baru akan berlangsung pada Senin (28/6/10) dinihari WIB. Diperkirakan, Jerman akan bertemu Argentina, salah satu rival besarnya.

Duel Inggris dan Jerman, yang menjanjikan tontonan menarik ini berlangsung dalam tempo sedang ketika wasit Jorge Larrionda (Uruguay) meniup peluit kick-off. Tetapi memasuki menit kelima, Jerman membuat kejutan ketika Mesut Ozil lolos dari jebakan offside ketika menerima umpan terobosan Bastian Schweinsteiger. Beruntung, David James bisa mengantisipasi bola tembakan Ozil, sehingga bisa menahan dengan kakinya.

Selepas peluang Jerman ini, tempo permainan mulai meningkat. Inggris lebih berani keluar menyerang. Akan tetapi, "The Three Lions" nyaris kecolongan pada menit ke-10, ketika Jerman melakukan serangan balik di mana empat pemainnya menghadapi tiga pemain belakang Inggris. Sayang, Lukas Podolski memilih untuk melepaskan tembakan dari luar kotak penalti sehingga si kulit bundar membentur John Terry. Padahal, Miroslav Klose berada dalam posisi bebas di sektor kanan.

Usaha Jerman membuahkan hasil pada menit ke-20. Setelah selamat dari serangan para pemain Inggris, kiper Manuel Neuer mengirim bola jauh ke depan, menuju kotak penalti lawan. Ternyata, tendangan ini juga sekaligus menjadi serangan bagi Jerman, karena Klose bisa mengejar dan mencocor bola, yang tidak sempurna "dilindungi" oleh Matthew Upson.

Tampaknya, bek Inggris tersebut salah komunikasi dengan James, karena dia terlihat menunggu sang penjaga gawang menjemput bola. Ternyata, Klose yang mengejar dari belakang bisa mendapatkan posisi yang cukup bagus untuk melesakkan Jabulani. Sambil menjatuhkan badan, dengan kaki kanannya Klose mengubah arah bola ke sisi kiri gawang, sehingga James tak mampu menahannya.

Tak lama berselang, Jerman mendapat peluang lagi. Kerja sama Sami Khedira, Thomas Mueller dan Klose, nyaris membuahkan gol. Permainan satu-dua Khedira-Mueller diakhiri dengan umpan terobosan kepada Klose, yang tinggal berhadapan dengan James. Kali ini, sontekan Klose bisa ditahan sang penjaga gawang.

Jerman akhirnya benar-benar menambah gol lagi pada menit ke-32. Kali ini giliran Podolski yang mengoyak jala "Tiga Singa", lewat tendangan kerasnya dari sudut sempit. Podolski mendapat umpan silang dari Mueller, yang meskipun sudah di mulut gawang, memilih untuk memberi umpan ke kiri. Ternyata, Podolski mengakhiri kerja sama itu dengan gol. Jerman memimpin 2-0.

Inggris seperti terbangun dari tidurnya karena gawang mereka dibobol dua kali. Steven Gerrard dan kawan-kawan melancarkan serangan balasan dan bisa menghasilkan gol pada menit ke-37. Upson, yang ikut andil atas terciptanya gol pertama Jerman, membalas kesalahannya dengan mencetak gol, ketika menyundul umpan lambung Gerrard dari luar kotak penalti


Pada menit ke-40, Inggris harus menerima kekecewaan yang sangat dalam. Tembakan Frank Lampard yang membentur mistar gawang, memantul melewati garis gawang. Lampard dan kawan-kawan sudah merayakannya menjadi gol, tetapi hakim dan wasit tak menganggapnya gol. Padahal dari tayangan ulang, terlihat jelas bahwa Jabulani sudah melewati garis gawang dan seharusnya menjadi gol. Skor 2-1 bertahan sampai jeda.

Pada permainan usai istirahat, Inggris tampil lebih agresif. Keharusan mengejar ketinggalan, membuat juara dunia 1966 ini bermain lebih ngotot. Tapi, dewi fortuna tampaknya belum menaungi Inggris, karena lagi-lagi mistar gawang yang menjadi penghalang mereka menyamakan skor. Pada menit ke-52, tembakan Lampard dari luar kotak penalti menghujam mistar. Selamatlah gawang Jerman dari kebobolan.

Menit ke-61, Tiga Singa mengancam pertahanan Panser lagi. Wayne Rooney, yang lebih dulu melewati satu pemain belakang, mengirim umpan ke sayap kanan yang ditempati James Milner. Sayang, tendangan Milner, yang sudah memasuki kotak penalti, tertahan oleh Arne Friedrich.

Keasyikan menyerang, Inggris justru kecolongan pada menit ke-66. Saat mendapat kesempatan tendangan bebas di mulut gawang Jerman, hampir semua pemain Inggris naik. Ternyata, ketika tendangan Lampard membentur pagar hidup yang dibangun pemain Jerman, bola langsung diumpan ke depan. Mueller, yang mendapat umpan dari Bastian Schweinsteiger, dengan mudah melepaskan tendangan keras untuk mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Hanya berselang tiga menit, lagi-lagi serangan balik Jerman membuat Inggris terkapar. Kali ini, Ozil yang mengarsitekinya. Dengan kecepatan dan kemampuan mendribel bola, striker keturunan Turki tersebut menyisir sisi kiri hingga menusuk jantung pertahanan Inggris. Dia lalu melepaskan umpan ke mulut gawang, dan langsung disambar Mueller, yang tidak mendapat pengawalan. Jerman semakin di atas angin dengan keunggulan 4-1, yang bisa dipertahankan sampai laga usai.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar